Saturday, 6 October 2012

Hubungan Sosial Dasar dibidang Teknik Informatika





Masyarakat & Sosial

           Masyarakat yang merupakan terjemahan dari istilah society, merupakan sekelompok orang yang membentuk suatu sistem yang semi tertutup ataupun semi terbuka, yang mana interaksi sebagian besar adalah antara perorangan yang berada di dalam kelompok masyarakat tersebut. Kata society sendiri berasal dari kata dalam bahasa latin yaitu societas. Societas berarti hubunganpersahabatan antara satu dengan yang lain.            
           Societas sendiri diturunkan dari kata socius yang memiliki arti kawan atau teman.
Diperlukannya sebuah sosialisme dalam sebuah masyarakat dasarnya bertujuan untuk mengendalikan tingkah laku kita dilingkungan masyarakat agar tidak bertindak sewenang-wenang. Kehidupan bermasyarakat selalu menimbulkan hubungan antar sesame manusia dalam suatu lingkungan kehidupan tertentu. Oleh karena itu manusia sering disebut sebagai makhluk social, karena memang manusia tidak dapat hidup sendiri untuk memenuhi kebutuhannya.


 Teknologi dalam Kehidupan Masyarakat

          Pada zaman modern seperti saat ini computer telah mengalami evolusi dan sudah mencapai generasi kelima. Teknologi yang semakin berkembang itu dibuat untuk membantu menyelesaikan sebuah permasalahan dengan mudah dan cepat.
Banyak sekali manfaat dari pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutuhkan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Ada beberapa manfaat teknologi yang sesuai dengan bidangnya masing-masing, seperti dalam perusahaan, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan. Berikut ini adalah penerapan teknologi yang sesuai dengan bidangnya masing-masing:


A. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan

          
Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan bada kebiasaan kerja. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.

Thursday, 4 October 2012

Etika Menulis di Internet

Kali ini gw mo share tentang salah satu hal yang sangat penting dalam menggunakan internet, yaitu Etika Menulis di Internet, sebenernya ini juga salah satu tugas dari dosen Mata Kuliah Softskill di kampus gw (Univ. Gunadarma).

Internet yang di zaman modern ini sudah sangat menjamur, mulai dari desa sampe ke tengah kota merupakan sarana yang sangat baik untuk mengekspresikan diri,  selain mudah & murah, di Interenet juga kita bisa menjadi Anonymous alias tidak terdeteksi / tidak di kenali oleh orang lain, nah hal yang satu ini sering di salah gunakan banyak orang untuk melakukan hal-hal yang tidak sepantasnya.

Berikut hal-hal yang wajib di perhatikan.
  • Biasakan mencantumkan sumber tulisan
Pencantuman sumber tulisan sangat penting dilakukan sebagai penghargaan kita terhadap jerih payah orang lain dalam pembuatan artikel yang mereka buat dan sebagai pencegahan dari yang namanya PLAGIAT.
  • Tidak mengandung SARA (Suku, Ras, Agama, dan Golongan)
Tulisan yang kita buat diharamkan mengandung SARA sehingga tidak menimbulkan konflik antara Suku, Ras, Agama, dan Golongan masyarakat yang ada Indonesia.
Akhir-akhir ini isu yang satu ini cukup hangat di perbincangkan.