Sunday, 16 June 2013

Sejauh Mana Teknologi Komunikasi Berpengaruh Terhadap Kebudayaan


            Di era sekarang ini teknologi sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia, hampir segala hal sangat berkaitan dengan teknologi, teknologi pun mengalami kemajuan yang sangat pesat, kemajuan ini berlangsung di semua bidang seperti teknologi bidang kesehatan, teknologi bidang pangan/makanan, teknologi bidang pertanian, teknologi bidang elektronik, juga teknologi di bidang komunikasi.

            Teknologi di bidang komunikasi mengalami kemajuan yang sangat pesat, dahulu mungkin perlu berhari-hari untuk seseorang dapat berkomunikasi dengan keluarga/teman nya yang berada di tempat yang jauh, itupun hanya berupa tulisan di sepucuk surat. Namun sekarang hanya perlu hitungan detik untuk melakukan hal itu walaupun ketika kita ingin berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh di Negri orang.

            Komunikasi pun saat ini tidak hanya sebatas text saja, namun sudah merambah audio bahkan saling bertatap muka melalui video call. Hal ini bisa di lakukan karena komunikasi memegang peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, kebutuhan manusia akan komunikasi semakin meningkat oleh karena itu kemajuan teknologi bidang komunikasi semakin maju pula.

            Perangkat-perangkat komunikasi juga mengalami kemajuan, dahulu mungkin hanya ada telefon yang menggunakan kabel yang tidak bisa di bawa kemana-mana, namun sekarang sudah banyak perangkat-perangkat komunikasi portable. Aplikasi-aplikasi untuk berkomunikasipun sekarang sudah sangat banyak dan memiliki kelebihan masing-masing. Berikut ialah beberapa contoh aplikasi di bidang telekomunikasi WhatsApp, Line, KakaoTalk, dan WeChat di bagian messengger, Skype untuk video call dsb.