Sunday, 17 November 2013

New Media dan Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari




 Pengertian

            New media adalah dua kata yang dirangkap menjadi satu terdiri dari kata new dan media. New yang berarti baru dan media yang berarti perantara. Dan pengertian secara umum menyimpulkan bahwa media itu adalah segala sesuatu yang dapat menyalurkan informasi (perantara) dari sumber informasi kepada penerima informasi.

            New media merupakan terminologi untuk menjelaskan konvergensi antara teknologi komunikasi digital yang terkomputerisasi serta terhubung kedalam jaringan.

            Contoh dari media yang sangat merepresentasikan media baru adalah Internet. Dimana media ini yang paling di dominasi oleh seluruh manusia dipenjuru dunia.

            Tanpa adanya teknologi internet kita mungkin sulit untuk berinteraksi dengan orang lain diluar wilayah jangkauan kita. Sehingga teknologi ini sperti ini membentuk perubahan baru dengan hadirnya dunia baru yang kita kenal dengan dunia maya dimana jarak tak menjadi hambatan dalam berinteraksi.


            Pada jaman dahulu kita hanya mengetahui pager sebagai alat komunikasi tercanggih pada era nya. Namun seiring berjalannya waktu dan ilmu pengetahuan yang terus berkembang, akhirnya manusia menciptakan media baru yaitu handphone, dimana dalam handphone ini kita tidak hanya bisa membaca pesan teks saja melainkan kita dapat berkomunikasi langsung dengan orang yang kita hubungi.

            Dan ini membuktikan bahwa semakin tinggi tingkat perkembangan teknologi, semakin cepat dan banyak pula informasi yang kita bisa dapat dengan mudah.

  • Keuntungan
    Kita mudah dalam mendapatkan informasi
    informasi disebar luaskan dengan cepat
    memudahkan suatu kegiatan

  • Kerugian
    Dapat merubah kebudayaan
    informasi yang masuk tidak bisa di saring
    dapat di salah gunakan


Kesimpulan

Sebenarnya new media dapat memudahkan mendapat kan informasi tetapi kita harus dapat menyaring informasi yang masuk karna informasi yang kita dapatkan adlah segala informasi jika kita tidak bisa menyaring nya maka itu akan menjadi masalah untuk diri sendiri.


Sumber : Blog