Monday, 28 September 2015

Peluang Bisnis Dibidang Informatika



  • Rencana membuka bisnis informatika

Jika berbicara tentang hal ini, pasti kita dihadapkan pada beberapa opsi/pilihan, karena memang bidang informatika sendiri terdiri dari banyak cabang, contohnya seperti : software, website, networking/jaringan, security/keamanan, dan lain sebagainya. Saat ini yang sedang dan kemungkinan akan terus berkembang adalah dibidang pembuatan software (software house), kenapa? karena saat ini perangkat lunak berbasis mobile seperti Android, iOS, dan Windows Phone sedang amat sangat diminati oleh pasar di seluruh dunia. Jadi jika suatu saat saya berkesempatan untuk membuka usaha bisnis informatika, maka bidang inilah yang akan saya ambil.



  • Perusahaan yang sudah sukses dibidang informatika

Ada banyak contoh perusahaan yang sudah sukses dibidang informatika, contohnya yang sudah terkenal dan pasti setiap hari kita gunakan adalah Google dan Microsoft. Google dan Microsoft sudah memulai usaha mereka dibidang informatika sejak puluhan tahun lalu, disaat era informatika belum se-"meledak" sekarang. Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford pada tahun 1998 [1] sedangkan Microsoft didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975 [2].

Di sini saya tidak akan mengeksplore kedua perusahaan itu, tetapi saya akan mencoba mengekspolore sebuah perusahaan menengah yang sedang berkembang yaitu RADIOactive.



RADIOactive adalah sebuah perusahaan software house yang mengkhususkan produknya pada optimalisasi stasiun radio. Perusahaan ini mempunyai pusat di Singapore dan memiliki dua cabang kantor di Jakarta, Indonesia dan Paris, Perancis. Seperti yang sudah kita ketahui, radio adalah salah satu media yang sudah berumur sangat tua, teknologi ini sudah ada dan berkembang sejak tahun 1800 an [3].

Saat ini, radio apabila dibandingkan dengan media lainnya seperti media cetak elektronik maka akan kalah bersaing karena media cetak saaat ini kebanyakan sudah memanfaatkan teknologi bidang informatika seperti mempunyai website dan aplikasi mobile yang bisa digunakan sebagai media untuk membaca pengganti kertas.

Dengan adanya perusahaan seperti RADIOactive, maka radio-radio ini dapat mengembangkan media mereka, tidak hanya melalui frekuensi radio biasa lagi, namun dapat melalui streaming melalui website maupun streaming melalui aplikasi di Android dan iOS. Hal ini tentu sangat membantu mereka untuk bersaing menghadapi gempuran media-media lainnya yang sudah memanfaatkan teknologi bidang informatika.



Salah satu contoh radio di Indonesia yang sudah menggunakan jasa dari perusahaan ini adalah OZ Radio, stasiun radio asal Bandung ini sudah mengudara sejak tahun 60 an [4]. Saat ini mereka sudah mempunyai website sendiri untuk streaming dan juga aplikasi di Android dan iOS.


Ini adalah web untuk streaming mereka

 

Ini adalah aplikasi streaming mereka untuk Android dan iOS.

Dengan bantuan RADIOactive, OZ Radio dapat memperluas target konsumen (dalam hal ini pendengar) mereka, sehingga dapat tetap bertahan dan bersaing menghadapi media-media lainnya.


Sekian postingan saya untuk kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah refrensi bagi penulis maupun pembaca.