Monday, 4 January 2016

Aspek - Aspek Perusahaan PT Djojo Informatika



PT Djojo Informatika Sejahtera

  • Aspek Legal

Djojo Informatika Sejahtera ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang informatika, didirikan pada November 2015 di Jakarta. Spesialisasi bidang perusahaan ini adalah perdagangan alat komputer dan jaringan, jasa pemasangan serta pemeliharaan jaringan, dan jasa pembuatan program / aplikasi dan website.

Dalam hal permodalan usaha pada perusahaan ini modal sebesar Rp.500.000.000,- terbagi menjadi 1000 lembar saham dan masing – masing saham bernilai Rp.500.000.000,-, Pembagian pemegang saham pada perusahaan ini dimiliki oleh 5 orang dengan persentase 1 orang mendapat 200 lembar saham atau senilai Rp.100.000.000,- atau 20 % dari total modal keseluruhan.

Dalam mendirikan sebuah perusahaan tentunya diperlukan beberapa persyaratan yang sifat administratif diantaranya seperti Akta Pendirian Usaha dari notaris, SIUP, dan NPWP.

Akta pendirian usaha diperoleh dengan cara mendaftarkan kepada notaris, dalam akta pendirian usaha dijelaskan hal hal yang berkaitan dengan usaha misalnya, siapa direktur dari perusahaan tersebut, siapa saja yang berlaku sebagai pemengang saham, siapa komisaris dalam perusahaan tersebut, dan lain sebagainya.






SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan ) merupakan salah satu dokumen penting yang harus dimiliki karena dengan adanya siup perusahaan sudah diakui oleh dinas perdagangan di wilayah domisili perusahaan tersebut serta menjadi jaminan bahwa perusahaan tersebut bersedia melakukan usahanya sebagaimana mestinya.

NPWP berfungsi sebagai tanda daftar wajib pajak perusahaan, dimana perusahaan harus mengikuti aturan pembayaran pajak dalam usaha yang dilakukan dan apabila nantinya terdapat pelanggaran dalam pajak misalnya pajak tidak dibayarkan maka perusahaan bisa terkena sanksi pajak seperti denda.

Tanda Daftar Perusahaan adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan Undang-Undang, yang memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang dari kantor pendaftaran perusahaan. Biasanya ini diurus setelah mendapatkan SIUP.

  • Aspek Keuangan

Djojo Informatika Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang informatika, didirikan pada November 2015 di Jakarta. Spesialisasi bidang perusahaan ini adalah perdagangan alat komputer dan jaringan, jasa pemasangan serta pemeliharaan jaringan, dan jasa pembuatan program / aplikasi dan website.

Dalam hal permodalan usaha pada perusahaan ini modal sebesar Rp.500.000.000,- yang diperoleh dari 5 pemegang saham dan 1 orang mendapat saham senilai Rp.100.000.000,- atau 20 % dari total modal keseluruhan.

Berikut merupakan perkiraan laporan perhitungan dari aspek keuangan PT. Djojo Informatika Sejahtera :
         




  • Aspek Pemasaran

Visi dan Misi
Visi:
  1. Memimpin pergerakan konvergensi digital.
Kami meyakini bahwa melalui inovasi teknologi saat ini, kami akan menemukan solusi yang kami perlukan untuk menghadapi tantangan hari esok. Teknologi membuka kesempatan—bagi bisnis untuk tumbuh, bagi warga negara di pasar yang sedang berkembang untuk hidup sejahtera dengan memasuki tahap ekonomi digital, dan agar masyarakat dapat menemukan peluang baru.

Misi:
  1. Memberikan inovasi-inovasi yang dapat membantu memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.
  2. Terus berkembang dan memperbarui layanan kami.
  3. Memperbaiki support kepada para pelanggan.

Spesifikasi Produk dan Jasa

Perusahaan kami menawarkan berbagai produk dan jasa yang sangat berkualitas. Diantara produk-produk alat komputer yang kami jual, diantaranya terdapat:
  1. CPU
  2. Motherboard
  3. Monitor
  4. Hard Disk
  5. GPU
  6. Printer
  7. Scanner
  8. dan lain lain
Sementara untuk produk alat jaringan yang kami jual, diantaranya adalah:
  1. NIC (Network Interface Card)
  2. Wireless LAN
  3. HUB atau Swicth yang mendukung F/O
  4. Swicth Wireless
  5. Kabel UTP
  6. Kabel Telepon
  7. Conector RJ45 dan RJ11
  8. VDSL Converter
  9. UPS
  10. dan lain lain

Untuk jasa, kami juga menyediakan banyak pilihan mulai dari pembuatan aplikasi (Windows, iOS, Android) juga pembuatan website dengan berbagai macam design dan framework yang sudah ada. Bukan hanya membuatnya, kami juga menyediakan jasa maintenance dan update terhadap aplikasi/website yang sedang digunakan oleh pelanggan.


  • Analisis Situasi Pasar


    Untuk saat ini pasar khususnya di Indonesia cenderung stabil dan menjanjikan. Mengingat banyak perusahaan di Indonesia yang belum menerapkan pemanfaatan teknologi di era digital ini, kami sangat optimis pasar di Indonesia akan terus bertambah.

    • Analisis Pesaing

    Perusahaan sejenis yang membidangi bidang yang sama dengan perusahaan kami baik lokal di Indonesia maupun internasional khususnya kawan Asia cukup banyak. Beberapa diantaranya adalah:
    1. Essii Tech (Indonesia)
    2. Permata Tech (Indonesia)
    3. 4 Vision Media (Indonesia)
    4. Yandell Lab (Internasinal)
    5. ITSM (Internasional)
    6. CA Technologies (Internasional)
    Dari sekian banyak perushaan sejenis, kami tetap yakin bisa menarik perhatian pelanggan dengan terus memberikan produk dan service yang terbaik kepada mereka.


    • Strategi Promosi


      Untuk memperoleh keuntungan berdasarkan prinsip-prinsip pengelolaan secara efektif dan efisien.  Kegiatan perusahaan diuraikan sebagai berikut:
      1. Menjalankan penjualan hardware dan software.
      2. Melakukan Penyertaan saham dan kepemilikan PI di dalam dan di luar negeri.
      3. Menyelenggarakan kegiatan jasa konsultasi pengembangan software (aplikasi/website).
      4. Menyelenggarakan kegiatan usaha penunjang lain yang secara langsung maupun tidak langsung menunjang kegiatan usaha tersebut.
      Tidak hanya menjual softwarenya, kami juga menyediakan jasa maintenance, dengan cara ini kami mampu menjaga kepercayaan pelanggan sehingga tidak berpindah menggunakan jasa perusahaan lain. Maintenance dilakukan hanya oleh karyawan kami sehingga perusahaan pemyewa jasa akan terus berhubungan dengan kami.


      • Media Promosi

      Kami menggunakan banyak media-media untuk mengenalkan perusahaan kami ke pelanggan, diantaranya melalui:
      1. Website perusahaan
      2. Membuat halaman diberbagai social media seperti Facebook, Twitter, G+, dsb
      3. Memasang iklan di majalah-majalah teknologi
      4. Memasang iklan di aplikasi-aplikasi Android maupun iOS melalui Google Ads (in app ad)
      5. Membuat video-video tentang apa saja yang kami telah lakukan dan mempostingnya ke Youtube

      • Aspek SDM

      Sumber Daya Manusia (SDM) adalah salah satu aset usaha yang berharga, sebelum memilih pegawai kita harus perhatikan masalah kepribadian, kesetiaan dan kemampuannya.

      PT.Djojo Informatika Sejahtera ini adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang informatika, didirikan pada November 2015 di Jakarta. Spesialisasi bidang perusahaan ini adalah perdagangan alat komputer dan jaringan, jasa pemasangan serta pemeliharaan jaringan, dan jasa pembuatan program / aplikasi dan website. Perusahhan kami ini memiliki 10 orang pegawai yang terdiri dari :
      1. 2 pegawai di bidang perdagangan alat komputer dan jaringan
      2. 4 pegawai di bidang jasa pemasangan dan pemeliharaan jaringan
      3. 4 pegawai di bidang jasa pembuatan program dan website
      Struktur organisasi ini adalah struktur organis. Struktur organis ialah system manajemen yang terdapat pada kerjasama dan wewenang berdasarkan pengetahuan. Struktur ini tidak terlalu formal sehingga lebih fleksibel. Struktur organis cenderung berdimensi structural sebagai berikut :
      1. Tingkat spesialisasi kerja rendah.
      2. Pembentukan departemen berdasarkan produk, lokasi atau konsumen.
      3. Pola delegasi bersifat umum dan informal.
      4. Tingkat desentralisasi tinggi.
      5. Rentang manajemen luas.
      6. Posisi lini dan staf tidak ditetapkan dengan tegas, dengan hubungan yang kurang formal.
      7. Sistem Penggajian
      Sistem penggajian dilakukan secara terstruktur dan sesuai dengan pekerjaannya, didalam suatu usaha terdapat perinciian gaji yang ditentukkan dengan jabatannya, dan dalam menggaji setiap pekerja ditentukan pada saat di wawancarai terdapat sebuah perjanjian antara management dan karyawan, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman antara pegawai.


      Muhammad Adi Fahmizzaman
      4IA14
      54412842